PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT LISTRIK DI TOKO LISTRIK PACI PALEMBANG

ELLYZA PUTRI ARUM SARI, 21 22 0039 (2025) PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT LISTRIK DI TOKO LISTRIK PACI PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS IBA.

[thumbnail of ELLYZA PUTRI ARUM SARI 21 22 0039] Text (ELLYZA PUTRI ARUM SARI 21 22 0039)
Abstrack Ellyza.pdf - Published Version

Download (394kB)
[thumbnail of ELLYZA PUTRI ARUM SARI 21 22 0039] Text (ELLYZA PUTRI ARUM SARI 21 22 0039)
Skripsi Ellyza.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bagaimana lokasi dan
kualitas pelayanan secara parsial dan simultan memengaruhi keputusan pembelian
konsumen untuk membeli peralatan listrik di Toko Listrik Paci Palembang. Dalam
penelitian ini, sampel dari 250 responden dipilih untuk menunjukkan bagaimana
konsumen membuat keputusan pembelian. Data diperoleh dari 250 orang yang
menjawab.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lokasi (X1) memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dengan nilai
signifikansi 0,020 (kurang dari 0,050). Ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima. Variabel kualitas pelayanan (X2) juga memiliki pengaruh yang signifikan
dengan nilai signifikansi 0,000 (≤ 0,050), yang menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan berperan penting dalam membuat konsumen mengambil keputusan
pembelian. Lokasi juga memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai konstan -
0,105, yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berperan penting dalam
membuat konsumen mengambil keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,020.
Lokasi di lingkungan pasar yang memiliki banyak toko pesaing dapat mengurangi
keputusan pembelian konsumen.
Karena banyaknya pesaing, konsumen memiliki banyak pilihan. Keputusan
pelanggan untuk membeli produk alat listrik di Toko Listrik Paci Palembang baik
secara simultan dan parsial dipengaruhi oleh lokasi toko dan tingkat pelayanan yang
diberikan. Namun, penelitian lebih lanjut harus mempertimbangkan elemen
tambahan yang dapat memengaruhi pilihan pelanggan.
Kata Kunci: Lokasi; Kualitas Pepelayanan; Keputusan Pembelian; Peralatan
Listrik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com
Date Deposited: 15 Oct 2025 03:56
Last Modified: 28 Oct 2025 04:03
URI: https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item
View Item