ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN MIE BASAH PADA PD. MIE AYAM BERKAH DI KECAMATAN SUKARAMI KOTA PALEMBANG

NYIMAS PUTRI SALSABILA, 20 42 0017 (2024) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN MIE BASAH PADA PD. MIE AYAM BERKAH DI KECAMATAN SUKARAMI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS IBA.

[thumbnail of NYIMAS PUTRI SALSABILA 20 42 0017] Text (NYIMAS PUTRI SALSABILA 20 42 0017)
file1-salsa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[thumbnail of NYIMAS PUTRI SALSABILA 20 42 0017] Text (NYIMAS PUTRI SALSABILA 20 42 0017)
file2-salsa.pdf - Published Version

Download (267kB)

Abstract

NYIMAS PUTRI SALSABILA. Analisis Efisiensi Pemasaran Mie Basah Pada PD.Mie Ayam Berkah di Kecamatan Sukarami Kota Palembang. Dibimbing oleh CHUZAIMAH dan KOMALA SARI.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran Mie Basah pada PD. Mie Ayam Berkah di Kecamatan Sukarami Kota Palembang. dan menganalisis tingkat efesiensi pemasaran Mie Basah pada PD. Mie Ayam Berkah di Kecamatan Sukarami Kota Palembang..
Penelitian ini telah dilaksanakan pada PD. Mie Ayam Berkah Kelurahan SukaBangun Kecamatan Sukarami Kota Palembang. Penentuan survei lokasi dilakukan secara sengaja (purposive sampling) karena PD. Mie Ayam Berkah di Kecamatan Sukarami Kota Palembang tersebut melakukan usaha pembuatan mie basah.
Pengumpulan data dilapangan dilakukan pada Januari-April 2024.
Berdasarkan hasil yang didapatkan dari penelitian ini maka dapat ditarik beberapa kesimpulan, Terdapat tiga saluran pemasaran mie basah pada PD Mie Ayam Berkah di Kecamatan Sukarami Kota Palembang, diantaranya meliput;
a.Saluran pemasaran I : Produsen → konsumen,
b. Saluran pemasaran II : Produsen → pedagang pengecer → konsumen, c. saluran pemasaran III : Produsen → pedagang besar → pedagang pengecer → konsumen. Tingkat efisiensi pemasaran mie basah pada PD Mie Ayam Berkah di Kecamatan Sukarami Kota Palembang, diantaranya meliputi; Efisiensi pemasaran saluran I sebesar 0%, saluran pemasaran II sebesar 8.33%, dan saluran pemasaran III sebesar 7.5%. Sehingga, saluran pemasaran I, II dan III dinyatakan efisien karena tingkat efisiensi < 50%. Marjin saluran pemasaran I tidak memiliki rentang harga, saluran pemasaran II yaitu Rp 4.500/kg, dan saluran pemasaran III yaitu Rp4.000/kg. Farmers share saluran I yaitu 100.00%, saluran II yaitu 78.57%, dan saluran III yaitu 80.00%. Sehingga Farmers share pada saluran pemasaran mie basah pada PD Mie Ayam Berkah
di Kecamatan Sukarami Kota Palembang semuanya dinyatakan efisien karena > 60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:41
Last Modified: 29 Aug 2024 04:41
URI: https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item
View Item