PENGARUH ASPEK SOSIAL & ASPEK PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas IBA Palembang)

ADE SETIAWAN, 18 22 0021 (2022) PENGARUH ASPEK SOSIAL & ASPEK PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas IBA Palembang). Diploma thesis, UNIVERSITAS IBA.

[thumbnail of ADE SETIAWAN 18 22 0021] Text (ADE SETIAWAN 18 22 0021)
cover skripsi pdf ade_.pdf - Published Version

Download (511kB)
[thumbnail of ADE SETIAWAN 18 22 0021] Text (ADE SETIAWAN 18 22 0021)
skripsi ade s bab 1-5 pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keputusan mahasiswa dalam memilih program studi dipengaruhi oleh banyak faktor, baik dari internal maupun eksternal. Aspek yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah aspek sosial yang terdiri dari kelompok acuan, keluarga, peran dan
status; dan aspek psikologis terdiri dari motivasi,persepsi, pembelajaran, dan memori. Perilaku konsumen dalam memilih program studi dipengaruhi oleh aspek sosial dan aspek psikologis. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh aspek sosial dan aspek psikologis terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih program studi (studi kasus
mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi universitas iba palembang). Penulis memilih responden sebanyak 104 orang sebagai sampel dengan cara metode
penarikan sampel Slovin error 5%. Dari hasil kuesioner tersebut, kembali diolah menggunakan program SPSS. Pengujian dilakukan dengan tiga tahap yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian dari pengujian berdasarkan simultan dan parsial menunjukan bahwa Koefisien Determinasi (�2) sebesar 0.369 berarti 36,9%. Sedangkan sisanya 63,1% dipengaruhi oleh variabel lain seperti aspek pribadi dan aspek budaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel aspek sosial dan aspek psikologis. Sedangkan dari dua variabel, variabel aspek sosial (�1) sebesar 19,9% dan variabel aspek psikologis (�2) sebesar 16,9%.
Kata Kunci : Pengaruh Aspek Sosial, Aspek Psikologis, Keputusan Mahasiswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com
Date Deposited: 25 Jan 2025 04:05
Last Modified: 25 Jan 2025 04:05
URI: https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item
View Item