FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN BERLOGO HALAL PADA CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS IBA PALEMBANG

THAMARA MAULY HUSADE, 18 42 0004 (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN BERLOGO HALAL PADA CIVITAS AKADEMIKA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS IBA PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS IBA.

[thumbnail of THAMARA MAULY HUSADE 18 42 0004] Text (THAMARA MAULY HUSADE 18 42 0004)
Thamara_Mauly_Husade_18420004_Agribisnis_2022_ Abstrak.pdf - Published Version

Download (567kB)
[thumbnail of THAMARA MAULY HUSADE 18 42 0004] Text (THAMARA MAULY HUSADE 18 42 0004)
Thamara_Mauly_Husade_18420004_Agribisnis_2022_Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor yang mempengaruhi minat beli produk makanan dan minuman berlogo halal pada civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas IBA Palembang. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Pertanian Universitas IBA Palembang
pada bulan Februari sampai Juni 2022. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive sampling) atas Pertimbangan tertentu dikarenakan di Civitas Akademika Fakultas Pertanian mayoritas beragama Islam.
Penelitian ini menggunakan metode survey dan wawancara. Data primer diperoleh dari cara observasi dan wawancara langsung dengan responden sedangkan data sekunder diperoleh dari jurnal literatur, penelitian sebelumnya, pemerintah, seperti Kementrian Agama. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode acak sederhana
(Simple Random Sampling), dimana setiap populasi civitas akademika mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Jumlah civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas IBA ada 129 orang, dimana sampel yang dipilih adalah sebanyak 64 Civitas Akademika dari populasi yang
ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap minat beli makanan dan minuman halal pada civitas akademika Fakultas Pertanian Universitas IBA Palembang adalah logo halal dengan nilai signifikan
sebesar 0.004 dan skor total rata-rata 17.30 berada pada kriteria tinggi dan religiusitas dengan nilai signifikan sebesar 0.16 dan skor total rata-rata 18.03 berada pada kriteria tinggi. Sedangkan faktor yang tidak berpengaruh terhadap minat beli makanan dan minuman halal pada Civitas Akademika Fakultas Pertanian Universitas IBA Palembang adalah kesadaran logo halal dengan nilai signifikan sebesar 0.90 dan skor total rata-rata 14.97 berada pada kriteria sedang dan persepsi halal dengan nilai signifikan sebesar 0.66 dan skor total rata-rata 12.28 berada pada kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com
Date Deposited: 19 Dec 2024 08:01
Last Modified: 19 Dec 2024 08:01
URI: https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item
View Item