PUTRI AMELIA, 21 22 0009 (2025) PENGARUH STRATEGI HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PLATFORM SHOPEE DI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS IBA.
ABSTRAK PUTRI AMELIA 21220009.pdf - Published Version
Download (733kB)
SKRIPSI PUTRI AMELIA 21220009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pertumbuhan e-commerce mendorong perubahan signifikan dalam perilaku
konsumen, termasuk meningkatnya penggunaan platform Shopee yang menguasai
36% pasar di Indonesia. Strategi harga (X1) adalah pendekatan yang digunakan
untuk menetapkan harga produk dengan mempertimbangkan faktor biaya,
permintaan dan persaingan. Promosi (X2) adalah serangkaian aktivitas yang
digunakan untuk membujuk konsumen agar melakukan pembelian. Loyalitas
konsumen (Y) adalah perilaku komitmen yang dipegang secara mendalam untuk
membeli atau mendukung kembali produk yang di sukai di masa depan, meski
pengaruh situasi dan usaha pemasaran berpotensi menyebabkan pelanggan beralih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi harga dan promosi
terhadap loyalitas konsumen Shopee di kota Palembang baik secara simultan
maupun parsial.
Objek yang menjadi bahan penelitian adalah konsumen platform Shopee.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode
accidental sampling kepada 272 responden dengan error level 10% atau 0,1. Data
yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner melalui google
form kepada konsumen Shopee di kota Palembang. Pengujian dilakukan dengan
SPSS versi 26 melalui uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji
hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar
0,493 atau 49,3% dan sisanya 50,7% dipengaruhi oleh variabel lain. Ini
menunjukkan 49,3% loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh variabel strategi
harga dan promosi. Sedangkan strategi harga memberikan kontribusi sebesar 28,4%
dan promosi memberikan kontribusi sebesar 20,8% terhadap loyalitas konsumen.
Maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan dan parsial strategi harga dan
promosi berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen pada platform
Shopee di kota Palembang. Dengan ini hipotesis penelitian yang diajukan
sebelumnya dapat diterima karena terbukti kebenarannya. Terdapat pengaruh
positif antara strategi harga dan promosi yang meningkatkan loyalitas konsumen.
Kata Kunci : Strategi Harga, Promosi, Loyalitas Konsumen, Shopee
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
| Depositing User: | Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 07:10 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:50 |
| URI: | https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/508 |

