PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MEREK SKINTIFIC PADA MAHASISWA DI KOTA PALEMBANG

TARWIYAH MARYANI, 21.22.0018 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE MEREK SKINTIFIC PADA MAHASISWA DI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS IBA.

[thumbnail of ABSTRAK TARWIYAH (21220018).PDF] Text
ABSTRAK TARWIYAH (21220018).PDF - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of TARWIYAH MARYANI 21.22.0018] Text (TARWIYAH MARYANI 21.22.0018)
SKRIPSI TARWIYAH (21220018).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya tren penggunaan media sosial sebagai sarana promosi dan
informasi produk, serta pentingnya kesadaran merek dalam mempengaruhi keputusan
pembelian ada produk skincare merek Skintific pada mahasiswa di kota Palembang.
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan
kesadaran merek terhadap keputusan pembelian skincare merek Skintific pada
mahasiswa di kota Palembang baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode accidental sampling, di
mana data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 272 responden
mahasiwa yang pernah mengetahui atau menggunakan produk Skintific. Dengan level
error 10% atau 0,1. Pengujian dilakukan dalam tiga tahap yaitu uji validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk menguji
pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Dalam
pengujian hipotesis baik secara simultan dan parsial berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien
determinasi (R
2
) sebesar 0,601 atau 60,1% variasi dalam variabel dependen dapat
dijelaskan oleh variabel independen. Sedangkan sisanya 39,9% dijelaskan oleh faktor
lain yang tidak disertakan pada penelitian ini.
Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran melalui media sosial dan
peningkatan kesadaran merek sangat penting untuk mendorong keputusan pembelian
konsumen, khususnya di kalangan para mahasiswa.
Kata kunci : Media Sosial, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com
Date Deposited: 16 Oct 2025 07:06
Last Modified: 28 Oct 2025 02:51
URI: https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item