DWI OKTARINI, 21 22 0014 (2025) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN ONLINE MELALUI PLATFORM SHOPEE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO LISTRIK NATASA PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS IBA.
ABSTRAK DWI OKTARINI 21220014.pdf - Published Version
Download (969kB)
SKRIPSI - DWI OKTARINI 21220014.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kualitas produk dan promosi penjualan merupakan faktor yang cukup
penting dalam menentukan kepuasan pelanggan yang mana penelitian ini adalah
produk alat listrik di Toko Listrik Natasa Palembang.
Kualitas produk merupakan totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa
yang bergantung pada kemampuan untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan
tersirat. Adapun indikatonya yaitu Bentuk, Fitur, Ketahanan, Keandalan,
Kemudahan perbaiki dan Desain. Promosi penjualan merupakan segala bentuk
penawaran atau insentif jangka pendek yang ditujukan bagi pembeli, pengecer
atau pedagang grosir dan dirancang untuk memperoleh respon spesifik dan segera.
Adapun indikatornya yaitu kupon, diskon, penawaran dan potongan harga.
Penelitian ini bertujuan ini untuk menganalisis Pengaruh Kualitas Produk
dan Promosi Penjualan melalui Platform Shopee terhadap Kepuasan Pelanggan di
Toko Listrik Natasa Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Data di kumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 235
responden yang merupakan pelanggan Toko Listrik Natasa Palembang. Teknik
analisis data yang digunakan adalah Analisis regresi linear berganda dengan
program SPSS IBM 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi
penjualan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan. Secara parsial, promosi penjualan memiliki pengaruh yang lebih
dominan dibandingkan kualitas produk dalam meningkatkan kepuasan pelanggan.
Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi promosi yang menarik dan
tepat sasaran melalui platform Shopee dapat menjadi faktor utama dalam
membangun kepuasan pelanggan.
Kata kunci : Kualitas Produk, Promosi Penjualan, Kepuasan Pelanggan, Shopee
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
| Depositing User: | Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 06:56 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:39 |
| URI: | https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/486 |

