PENGARUH PERSEPSI PELAKU DAN TINGKAT KESIAPAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TERHADAP PENERAPAN SAK EMKM PADA UMKM DI KECAMATAN SAKO KOTA PALEMBANG

PUTRI ANGGA YANI, 21 21 0006 (2025) PENGARUH PERSEPSI PELAKU DAN TINGKAT KESIAPAN PELAKU USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) TERHADAP PENERAPAN SAK EMKM PADA UMKM DI KECAMATAN SAKO KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS IBA.

[thumbnail of PUTRI ANGGA YANI  21 21 0006] Text (PUTRI ANGGA YANI 21 21 0006)
File Kedua Abstrak Putri.pdf - Published Version

Download (441kB)
[thumbnail of PUTRI ANGGA YANI  21 21 0006] Text (PUTRI ANGGA YANI 21 21 0006)
FIle Skripsi Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi dan tingkat kesiapan
pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap penerapan Standar
akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah ( SAK EMKM). Objek
dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di kecamatan sako kota palembang.
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh
langsung dari responden melalui penyebaran kuesioner. Jumlah sampel yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 320 responden yang ditentukan
menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan pendekatan purposive sampling.
Metode penelitian kuantitatif ini digunakan untuk menguji hipotesis berdasarkan
data yang tekah dikumpulkan. Analisis data dilakukan baik secara parsial maupun
simultan. Hasil pengujian regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel
persepsi pelaku UMKM (X1), tingakat kesiapan (X2) dan memiliki pengaruh positif
pada penerapan SAK EMKM (Y)
Kata Kunci: Persepsi pelaku UMKM, Tingkat Kesiapan, Penerapan SAK EMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com
Date Deposited: 14 Oct 2025 04:37
Last Modified: 28 Oct 2025 04:34
URI: https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item
View Item