RICO SUSENO, 17 22 0007 (2021) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKOPEDIA DI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS IBA.
![[thumbnail of RICO SUSENO 17 22 0007]](https://repositori.iba.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RICO.pdf - Published Version
Download (2MB)
Abstract
Seiring dengan perkembangan jaman yang didukung dengan berkembang nya teknologi yang semakin canggih berdampak pada persaingan bisnis yang semakin ketat. Berbagai upaya dilakukan oleh perusahaan agar bisa memiliki daya tarik yang kuat tertancap di pikiran konsumen.Strategi yang digunakan untuk mengenalkan suatu merek (brand) adalah dengan menggunakan digital marketing. Semakin tinggi tingkat kesadaran terhadap merek (brand awareness) maka semakin melekat suatu merek dalam benak konsumen, sehingga semakin besar kemungkinan merek tersebut akan dipilih oleh konsumen.
Dalam penelitian ini objek adalah konsumen Tokopedia di kota
Palembang. Metode penarikan sampel menggunakan accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebar kuesioner secara langsung kepada pengguna aplikasi Tokopedia di kota Palembang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 272 responden. Pengujian dilakukan dengan tiga tahap yaitu uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa digital marketing dan brand awaraness secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia di kota palembang, Hal tersebut dapat dilihat
dari hasil uji regresi berganda Y = 18.950 + 0,556 X1 + (-0,28) X2 + e. jika dilihat dari koefisien determinasi (R2
) sebesar 34,9% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh digital marketing dan brand awareness. Sedangkan 65,1% di
pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti diskon, harga, ketersedian barang dan lainnya.
Kata Kunci : Digital Marketing, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 06:10 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 06:10 |
URI: | https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/352 |