PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA PALEMBANG

YUNITA KUSUMAWATI, 17 21 0019 (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SANKSI PAJAK DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS IBA.

[thumbnail of YUNITA KUSUMAWATI 17 21 0019] Text (YUNITA KUSUMAWATI 17 21 0019)
YUNITA KUSUMAWATI-17210019.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak,Sanksi dan Kesadaran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua individu yang tergolong dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 wajib pajak dalam membayar PKB. Tehnik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik proportional stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dengan media kuesioner,skala yang digunakan dalam kuesiner ini adalah skala likert.Hasil analisis data dan pembahasan mengenai pengaruh kepatuhan membayar PKB dengan variabel kualitas pelayanan (X1), sanksi (X2), dan kesadaran (X3)
terhadap kepatuhan membayar PKB (Y). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dari penelitian ini adalah secara simultan variabel kulitas pelayanan, sanksi, dan kesadaran membayar PKB di kota Palembang. Pengujian dilakukan
berdasarkan tabel regresi berganda yang menunjukkan nilai F-hitung>F-tabel (48,622>2,14). Secara parsial kualitas pelayanan, sanksi pajak dan kesadaran wajib pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai t-tabel masing�masing sebesar 2,876>1,660 , 2,023>1,660 dan 2,164>1,660. Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,603 yang berarti variabel independen (X) berkontribusi
mempengaruhi variabel dependen (Y) sebesar 60,3%.Berdasarkan hasil tersebut dapat diartikan bahwa semakin baiknya kualitas pelayanan, sanksi pajak dan kesadaran wajib pajak maka akan berdampak kepada semakin tinggi kepatuhan
membayar PKB di Kota Palembang.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Sanksi Pajak, Kesadaran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com
Date Deposited: 12 Feb 2025 04:48
Last Modified: 12 Feb 2025 04:48
URI: https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item
View Item