ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF PADA PERTALITE TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOBIL DAIHATSU SIGRA TAHUN 2017

RONALD ABIDIN, 17 32 0005 (2022) ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF PADA PERTALITE TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOBIL DAIHATSU SIGRA TAHUN 2017. Diploma thesis, UNIVERSITAS IBA.

[thumbnail of RONALD ABIDIN 17 32 0005] Text (RONALD ABIDIN 17 32 0005)
RONALD .pdf - Published Version

Download (337kB)
[thumbnail of RONALD ABIDIN 17 32 0005] Text (RONALD ABIDIN 17 32 0005)
RONALD_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Motor bensin merupakan mesin pembangkit tenaga yang mengubah bahan bakar bensin menjadi tenaga panas dan akhirnya menjadi tenaga mekanik. Secara garis besar motor bensin tersusun oleh beberapa komponen utama meliputi; blok silinder (cylinder block), kepala silinder (cylinder head), poros engkol (crankshaft), piston, batang piston (connecting rod), roda penerus (fly wheel),poros cam (cam shaft), dan mekanik katup (valve mechanic).Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengaanalisa pengaruh penambahan zat aditif pada bahan bakar pertalite terhadap laju konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Pada penelitian digunakan bahan bakar pertalite dan bahan bakar pertalite dengan penambahan zat aditif, mobil yang digunakan dalam penelitian ini adalah mobil Daihatzu Sigra tahun 2017. Analisa dilakukan terhadap laju konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yaitu gas CO, gas CO2 dan HC.Hasil penelitian menunjukkan Zat aditif yang ditambahahkan pada bahan bakar pertalite tidak dapat menghemat konsumsi bahan bakar, karena hasil pengujian konsumsi bahan bakar untuk pertalite dengan penambahan zat aditif hasilnya lebih tinggi diabnding dengan hasil yang diperoleh pada bahan bahan pertalit tanpa zat aditif yaitu 1,53 L/jam sedangkan konsumsi bahan bakar pertalite 1,332 l/jam, sedangkan. Hasil pengujian emisi gas gas buang untuk \gas CO dan Hidrokarbon (HC) menujukkan hasil yng lebih rendah dari nilai ambang batas yang ditetapkan dari Dinas
Perhubungan Hasil CO dan HC tertinggi 0,12 % pada bahan bakar pertalite pada putaran mesin 2000 rpm sedangkan hasil HC yaitu 26,00 ppm pada bahan bakar pertalite pada putaran mesin 2000 rpm sementara nilai ambang batas untuk CO
1,5 % dan HC 200 ppm
Kata Kunci : Daihatsu Sigra 2017, Emisi Gas Buang, Konsumsi Bahan Bakar, Zat Aditif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Unnamed user with email herlizatilalia44@gmail.com
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:07
Last Modified: 22 Jan 2025 04:07
URI: https://repositori.iba.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item
View Item